Jumat, 02 April 2010

stilleto heels tidak baik bagi ibu hamil


Melihat sepatu ramping lancip dengan ketinggian runcing pada ujung bawah membuat saya tringat 1-2 tahunan yang lalu. saat saya sangat menggemari sepatu yg disebut sttileto oleh kebanyakan wanita,yg sangat fleksibel untuk sekedar jalan jalan atau ada acara keluarga. seiring dengan waktu dan kebutuhan ternyata saat ini sepertinya tidak perlu lagi saya terus terusan membeli yang model begituan. mungkin sekarang saya tidak terpancang lagi akan penampilan tetapi lebih ke kebutuhan. iaaaaaa... mungkin ini bagian dari kedewasaan, kita mulai memikirkan ulang hal hal yg seharusnya kita butuhkan dan tidak. jadi ngomongin stilleto karena tadi siang saat jalan jalan saya mersa mencintainya lagi. but pembahasan kali ini tidak tell about my life tapi pengetahuan akan sepatu ini terhadap kesehatan ibu hamil.

pada wanita yg tidak hamil saja Memakai sepatu hak tinggi kadang mempunyai banyak keluhan.kenyataanya memang membuat kaki makin kelihatan seksi dan cantik, namun membiasakan diri memakai sepatu berhak tinggu justru berdampak buruk bagi kesehatan kaki dan membuatnya mudah terkilir. Hawa yang hangat juga membuat wanita beralas kaki hak tinggi sering terjatuh dan cedera. Karena produksi keringat berlebih yang membuat telapak kaki menjadi licin dan menyebabkan kaki terpeleset, jika tidak berhati-hati. Untuk jangka panjang nyeri otot di betis yang dirasakan selama bertahun-tahun juga tidak mudah hilang dan bisa menyebabkan ischemic (kekurangan oksigen). Ini karena otot yang terus menerus kontraksi. Selain itu, akibat kekurangan oksigen juga menimbulkan penimbunan asam laktat sehingga membuat otot menjadi sakit dan mudah capek.

Lebih parahnya lagi terjadinya pengapuran di tulang telapak kaki depan karena trauma kronis yang langsung mengenai tulang sebagai karena harus memikul beban terlalu berat dalam waktu lama. Namun pengapuran juga dipengaruhi berbagai faktor seperti usia lanjut, gizi dan makanan.


Memakai Sepatu Hak Tinggi, kadang membuat saya merasa memiliki personal image ya
Penggunaan sepatu hak tinggi dapat menyebabkan peregangan otot-otot di daerah pinggang. Ibu hamil akan lebih sering mengeluskan rasa sakit dan pegal di daerah pinggang. Hal ini disebabkan pada saat hamil terjadi perubahan sumbu tubuh, dimana tubuh akan cenderung condong ke depan, sehingga ibu hamil berusaha menegakkan tubuh dengan cara meregangkan otot pinggang dan punggung. Nah, jika ibu hamil menggunakan sepatu dengan hak tinggi, peregangan otot di daerah pinggang dan punggung akan semakin bertambah, karena beban ke depan menjadi double, dari kehamilan itu sendiri dan juga dari sepatu hak tinggi, dan ini mengakibatkan pinggang dan punggung terasa semakin sakit.
Selain itu sepatu dengan hak tinggi dapat mengganggu keseimbangan tubuh, terutama pada saat kehamilan mulai membesar. Hal ini menimbulkan ibu hamil beresiko untuk jatuh. Akibat terjatuh, biasanya kehamilan dan ibu hamil itu sendiri akan mengalami trauma, dan yang lebih buruk akan terjadinya cacat janin atau keguguran .
Pada akhir trimester kedua dan awal trimester ketiga, kehamilan mulai besar dan
mulai timbul keluhan sakit pinggang. Yang repot, calon ibu sering ingin terlihat
cantik lalu pakai sepatu hak tinggi.

Dokter biasanya akan memberitahu, tindakan itu tidak menguntungkan. Soalnya,
kalau perut membesar, tubuh akan terdorong ke depan. Untuk menghindari dorongan
ke depan, sebagai kompensasi dia akan menekuk punggung ke belakang untuk menahan
dorongan ke depan. Sementara kalau masih mengenakan sepatu hak tinggi, akan
menambah dorongan untuk condong ke depan. Alhasil, kompensasi untuk menekuk
punggung ke belakang semakin kuat pula. Ini jelas akan membuat calon ibu lekas
capek. Jadi, sebaiknya hindari sepatu hak tinggi selama hamil ya bu...

5 komentar:

  1. postingannya bagus nih buat calon istri *kaya udh punya aja* hahaha...
    makasih ilmunya bu bidan...

    BalasHapus
  2. halo,, ibu bidan,,,
    salam kenal yaaaa,,,,
    ,,,,

    BalasHapus
  3. siroel_sama2, pnya calon ato blum no problem kn yg pnting tau bnyak ilmu. ntr klu udc saatnya tinggal di aplikasikn ^_*

    BalasHapus
  4. lady....
    clam knal juga...
    kmu suka holga ia??

    BalasHapus
  5. thx 4 share

    walau belum diaplikasikan
    tp belajar dr skr g ada slhnya kan

    met malem

    BalasHapus