Selasa, 19 Juli 2011

Butuh Sembilan Bulan untuk Penyembuhan


KETELATENAN merupakan kunci utama untuk menyembuhkan TBC. Bagaimana tidak, agar bisa terbebas dari penyakit ini penderita harus menjalani pengobatan dengan mengonsumsi obat setiap hari secara rutin selama berbulan-bulan. Jika lalai dalam mengonsumsi obat, penderita akan semakin jauh dari kesembuhan.

"Jika TBC paru bisa disembuhkan dengan mengonsumsi obat secara terus menerus selama enam bulan, penyembuhan TBC kelenjar membutuhkan waktu yang lebih lama yakni hingga sembilan bulan,"

Untuk obat, jenis obat yang harus dikonsumsi oleh penderita TBC kelenjar tidak berbeda dengan obat yang dikonsumsi oleh penderita TBC paru atau TBC lainnya. Perbedaannya hanya terletak pada lamanya waktu konsumsi obat.

Meski TBC kelenjar masuk dalam kategori TBC, tetapi penyakit ini bukanlah tipe penyakit yang akan menular pada orang lain. Kecuali penderita TBC kelenjar bersangkutan juga menderita penyakit TBC paru. Sebab, bila derita yang dialami adalah TBC paru, maka penyakit itu akan menular pada orang lain melalui nafas.

Dan bentuk penularan yang akan dialami nantinya tidak akan selalu berupa TBC paru tapi bisa juga TBC lain termasuk TBC kelenjar. Selain akibat penularan dari penderita TBC paru, munculnya TBC kelenjar juga bisa terjadi karena seseorang pernah terinfeksi TBC paru waktu kecil.

Dan saat pederita memiliki stamina kuat, kuman tersebut tidur. Namun setelah stamina menurun, kuman bangun dan menyebabkan munculnya kembali TBC termasuk TBC kelenjar.

"Tidak setiap orang yang mengalami kontak secara langsung dengan penderita TBC paru akan langsung tertular penyakit ini. Sebab, semua tergantung ketahanan tubuh masing-masing. Bila seseorang sedang dalam kondisi fit maka kemungkinan tertular sangat kecil, begitu pula sebaliknya," terangnya.

Karenanya untuk menghindari tertularnya TBC paru yang bisa berdampak pada terkenanya derita TBC kelenjar, penjagaan kondisi tubuh harus selalu diperhatikan. Misalnya dengan menganut pola hidup sehat yakni makan dan olahraga teratur, istirahat cukup dan bila perlu rajin mengonsumsi multivitamin. Sebab, dengan tubuh yang sehat, seseorang lebih siap mempertahankan diri dari serangan penyakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar