Selasa, 19 Juli 2011

Waspadai Munculnya Benjolan di Leher


*Bisa Jadi Terkena TBC Kelenjar

*Tak Menular Kecuali Disertai TBC Paru


SETIAP organ tubuh yang diciptakan Tuhan bagi manusia pasti memiliki peran tersendiri untuk kelangsungan hidup seseorang. Termasuk kelenjar getah bening. Jika dilihat dari perannya, kelenjar ini memiliki peran sebagai pertahanan pertama masuknya kuman dan sel-sel tumor ke dalam tubuh.

"Bila terjadi infeksi organ tubuh, kelenjar getah bening dalam tubuh akan membengkak. Ini adalah kondisi wajar sebagai bentuk mekanisme tubuh mempertahankan diri dari serangan kuman," terang dr Arief Koswandi SpPD, dokter spesialis penyakit dalam RS Awal Bros Batam.

Kelenjar getah bening itu sendiri terdapat pada beberapa bagian tubuh yang berbeda. Mulai dari leher, ketiak, sela paha, serta di dalam perut. Dan bila terjadi infeksi pada tubuh, biasanya kelenjar itu akan membengkak.

Infeksi kelenjar itu sendiri terbagi menjadi dua yakni infeksi non spesifik yakni infeksi akibat adanya peradangan organ tubuh lain dan infeksi spesifik yakni adanya tubercolusis (TBC) kelenjar atau penyakit kelamin.Untuk wilayah Batam, kasus yang cukup banyak dialami pasien adalah TBC kelenjar.

"Jika dilihat dari gejala klinisnya, derita TBC kelenjar diawali demam berkepanjangan, batuk lama, nafsu makan menurun, serta munculnya benjolan-benjolan pada leher atau ketiak, serta sela paha. Hanya saja, yang paling banyak ditemukan adalah adanya benjolan di leher," terangnya.

Benjolan yang merupakan pembesaran kelenjar itu biasanya akan terlihat mengelompok. Dan suatu saat benjolan-benjolan itu akan pecah serta mengeluarkan cairan seperti nanah. Sehingga, sebagai langkah antisipasi jika memang terjadi benjolan pada bagian tubuh seperti leher, ketiak, sela paha segera memeriksakan diri ke dokter. Karena bisa jadi, benjolan ini merupakan tanda awal seseorang terkena TBC kelenjar.

Sebab, semakin dini seseorang mengetahui jenis penyakit yang dideritanya, maka penanganan secara cepat juga akan lebih mudah untuk dilakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar